Slide show

[Outing][slideshow]

Table Manner Our Dream Indonesia

Table Manners Penting Diajarkan Sedari Dini – Ingin anak Anda terlihat anggun di meja makan? Katakan pada anak Anda bahwa etika di atas meja makan itu penting. Seberapa pintar dan manisnya mereka, orang lain akan menilai pembawaan dan cara mereka bersikap terlebih dahulu. Memiliki tata krama meja yang tepat adalah salah satu cara penting orang menilai orang lain. Mereka tidak ingin orang berpikir bahwa mereka kurang berpendidikan, kan?
Nah, berikut ini adalah beberapa perilaku tata krama dasar di atas meja makan untuk mengajar anak-anak:
1.       Makan menggunakan alat makan yang benar, seperti sendok soup untuk makan soup dan garpu untuk memakan beberapa jenis makanan pembuka, kecuali makanan yang dimaksudkan untuk dimakan menggunakan tangan. Yah, hanya bayi yang makan menggunakan tangan dan belepotan sekali.
2.       Jangan penuhi mulut dengan makanan. Hal tersebut akan membuat jadi terlihat kotor, dan dapat memicu mereka untuk tersedak. Ambil dan menyendok secukupnya.
3.       Mengunyah dengan mulut tertutup. Ya, tidak ada seorang pun yang ingin melihat makanan yang dikunyah atau mendengar kecapannya. Juga, dilarang berbicara dengan mulut penuh karena akan terlihat tidak etis dan makanan akan muncrat kemana-mana.
4.       Jangan membuat komentar yang kasar terhadap setiap makanan yang disajikan. Hal ini tentu akan menyakiti perasaan orang yang membuatnya. Berilah komentar positif terhadap setiap makanan yang dihidangkan karena akan terlihat lebih sopan daripada mencacinya.
5.       Selalu mengucapkan terima kasih ketika disajikan sesuatu. Hal ini menunjukkan apresiasi terhadap si pembuat dan penyaji makanan yang tentu akan membuat orang lain senang.
6.       Jika makanan tidak bergaya prasmanan / self service, maka tunggulah sampai semua orang telah mendapatkan bagiannya, barulah bisa mulai makan. Psikolog meneliti sikap ini menunjukkan seseorang yang penuh pertimbangan dan sabar.
7.       Makanlah perlahan-lahan, jangan melahap makanan seketika itu juga. Selain terlihat rakus dan kelaparan, juga menghargai si pembuat. Seseorang butuh waktu lama untuk menyiapkan makanan, maka sebaiknya menikmatinya pun perlahan-lahan. Perlahan disini berarti menunggu sekitar 5 detik setelah menelan sebelum memasukkan suapan lain.
8.       Ketika makan yang berbentuk rolls, potong terlebih dahulu. Memakan langsung seluruh seluruh bagian tanpa memotongnya akan terlihat norak.
9.       Jangan melewati piring seseorang ketika mengambil sesuatu, mintalah sesuatu yang Anda butuhkan dan akan diberikan kepada Anda. Sikap ini menunjukkan bahwa Anda penuh pertimbangan dalam bertindak.
10.   Jangan mengambil apa pun keluar dari gigi Anda, itu kotor dan tidak enak dilihat. Jika kotoran di gigi itu terlalu mengganggu, buatlah alasan sendiri dan pergilah ke tempat lain seperti kamar kecil untuk membereskannya.
11.   Selalu gunakan serbet (yang selalu berada di pangkuan Anda jika tidak digunakan) untuk menyeka mulut Anda. Ingat, seka mulut Anda saja. Jangan menyeka wajah Anda atau meniup hidung Anda dengan serbet, keduanya bukan perilaku yang baik dan kurang sopan. Lebih baik, permisi dari meja dan pergi ke toilet untuk membereskan hal-hal tersebut.
12.   Ketika makan di rumah seseorang atau tamu dari seseorang di sebuah restoran, selalu berterima kasihlah kepada tuan rumah dan memberitahu mereka bagaimana makanan yang dihidangkan amat lezat, bahkan jika makanannya kurang lezat sekalipun. Inilah etika dalam jamuan. Sekali lagi, seseorang merelakan waktu, tenaga, dan biaya untuk menyiapkan makanan. Tunjukkanlah apresiasi Anda.








Tidak ada komentar:

activity

[Activity][grids]

Outing

[Outing][btop]

Akademik

[Akademik][stack]